Pages

Apakah sudah Halal?

Kemaren ketika saya janji ketemuan dengan adik kelas di Masjid Raya Batam dan berdiskusi di ruang sekretariat masjid, mampirlah seseorang yang sudah saya kenal sejak kuliah. Pak Zainuddin, panggilannya. Beliau adalah dosen saya ketika aktif di Politeknik Negeri Batam. Beliau ke Masjid, karena mendapat undangan dari LPPOM MUI Kepulauan Riau. Dan ternyata beliau sekarang menjabat sebagai wakil direktur lembaga tersebut. Wah berarti akan sering-sering ketemu nih, karena kantor LPPOM MUI Kepri terletak di lantai dasar Masjid Raya Batam.

Karena pertemuan ini, saya ingin mengingatkan kepada kita terutama diri saya tentang lembaga ini. Yaitu Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika majelis Ulama Indonesia disingkat LPPOM MUI. Ya lembaga ini adalah lembaga yang mengkaji kehalalaan & mengeluarkan sertifikat halal kepada produk-produk Pangan, Obat-obatan dan kosmetika di daerah kita. Baik yang kita temui di warung-warung kecil ataupun warung-warung besar seperti minimarket atau supermarket. Karena masih banyak produk-produk POM yang masih belum tertera cap halalnya secara resmi.

Kita harus menjaga diri, keluarga, teman serta orang-orang yang ada disekitar kita dari yang haram, ya salah satunya dengan mengechek produk-produk yang kita beli tercantum minimal logo halal secara resmi dari LP POM MUI atau dari lembaga halal dari negara lain. Apalagi untuk warga Batam, kita harus sangat hati-hati karena produk yang masuk diwilayah Batam banyak yang import dari Singapura, Malaysia, Thailand dan negara lain. Kita juga bisa mengechek logo resmi di website-website mereka (coba search di om google).

Di twitter juga sekarang sudah ada account yang bisa diskusi tentang kehalalan produk-produk Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika. @halalcorner, follow dah dijamin bermanfaat!

Logo Halal: Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand


Setiap perusahaan atau individu yang ingin memproduksi produk-produk POM, monggo silahkan registerkan produk anda ke lembaga LPPOM MUI dikota anda. Agar konsumen dapat memilih dengan aman dan senang.  Selamat Halal! 

Untuk LPPOM Kepulauan Riau:
Kantornya terletak di Lantai Dasar Masjid Raya Batam, Jalan Engku Putri, Batam Centre. Telpon/Fax. 0778 469911,  Website LPPOM MUI Kepri.

Untuk LPPOM Pusat:
Gedung Majelis Ulama Indonesia, Jl. Proklamasi No. 51 Menteng Jakarta Pusat, Telpon : +62 21 3918917, Fax. No. +62 21 39224667, website: www.halalmui.org 

Follow twitter saya: @BeniArdilla

No comments:

Post a Comment