Pages

Jauhi MALAS!

Cucian baju menumpuk, cucian piring menumpuk, lantai rumah ndak disapu sehingga banyak debu, kamar berserakan, halaman rumah banyak sampahnya, apalagi ya? Banyak dah, rumah seperti takada bersih dan rapihnya. Asal muasalnya penyebabnya yaitu kegiatan ber-MALAS- ria.

Malas adalah penyakit ruhani yang harus dihindari dan dijauhi, penyakit ini mengakibatkan dampak yang buruk bagi kehidupan. Saya ataupun anda pasti pernah lekat dengan penyakit ini, tunda sana tunda sini, kebanyakan nonton telivisi, banyak angan, tak ada motivasi dan banyak lagi repersentasi dari penyakit ini.

Banyak yang bilang malas ini adalah sifat seorang manusia yang hidup dimuka bumi, padahal ini bukan sifat tetapi penyakit ruhani yang berdampak pada aktivitas jasmani.

Coba kita evaluasi dari pemanfaatan waktu hidup. Kita hidup 24 Jam, 7-8 Jam untuk tidur (Jam tidur yang baik), 7 Jam dan maksimal 8 Jam (standart kemenakertras RI) untuk beraktivitas dalam mencari nafkah, 1 Jam untuk penjumlahan MCK rutin. Sehingga masih ada waktu lebih kurang 5 Jam yang bermacam-macam digunakan pemanfaatannya.inilah waktu minimal kita yang bebas digunakan untuk kegiatan lain, mau yang bermanfaat ataupun tidak. Ya minimal 5 jam waktu yang harus kita evaluasi pemnfaatannya. Allah Swt. menilai kita sangat rendah kualitas karena kita malas, menunda dan tidak mau berbuat yang maksimal. Sehingga berdampak pada penyebab utamanya yaitu kita tidak shalat 5 waktu (Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan subuh) dengan tepat waktu, bahkan sering meninggalkannya. Sehingga setiap do’a ketika sedang shalat ditunda oleh Allah SWT. Sampai kita bisa memperbaiki diri untuk Shalat tepat pada waktunya. Inilah yang membuat ruhani kita sakit dan mengakibatkan keyakinan akan kebaikan Allah SWT. Makin lama makin tidak terasa.

Jadi kalau tak mau Malas, maka RAJIN-lah!

Ya Allah ampunin Hamba yang lalai dan malas ini. Izinkan merubah kepada perbuatan baik, rajin dan semangat beraktivitas, tepat waktu sehingga sembuh penyakit ‘malas’ hamba ini. Tolonglah hamba untuk menyelesaikan semua amanah hidup dengan memaksimalkan setiap detik hidup hamba dengan kebaikan, kemanfaatan dan keberkahan. Amiin Ya Rabbal’alamin.

Bincang dengan saya di Twitter @beniardilla

No comments:

Post a Comment